er

Senin, 19 Mei 2014

Kenari Merah Asli (Red Intensif)


Cara Membedakan Kenari Merah Asli dan Palsu
Harga kenari merah lokal (Red intensif/red factor) yang belakangan cukup melambung memicu para penjual nakal untuk berbuat kecurangan dengan membuat kenari merah palsu alias abal-abal. Berbagai cara dilakukan seperti pemandian kenari berulang-ulang dengan cairan berwarna merah untuk mendapatkan warna merah pekat, atau menggunakan bahan kimia berbahaya seperti pigment atau bogena yang merupakan zat pewarna, dimana cara penggunaannya dicampurkan pada makanan ketika kenari akan mabung sehingga warna merahnya lebih sulit untuk dikenali kepalsuannya. Untuk menghindari penipuan yang dilakukan penjual nakal, kita bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada ciri fisik burung kenari dengan cara sebagai berikut:
  • Lakukan pengecekan pada bagian tangkai bulu dan juga bagian-bagian tertentu seperti paruh, kaki, apabila warna merahnya terlalu tajam dan cenderung luntur bisa dipastikan itu adalah hasil penyiraman dengan cairan pewarna merah.
  • Menunggu saat mabung merupakan salah satu cara untuk mengenali bahwa kenari itu merah asli atau merah palsu, namun proses mabung memerlukan waktu sehingga pembeli harus bersabar. Cara alternatif yang bisa dipilih adalah dengan mencabut bulu dada kenari beberapa helai, dalam waktu 2-3 minggu akan muncul bulu baru, dari situlah kita bisa mengetahui warna asli burung kenari merahnya.
  • Kenari merah yang asli rata-rata dijual dalam keadaan sudah memakai ring (bukti identitas peternak) sehingga dapat dipastikan keasliannya. Dan usahakan membeli kenari merah langsung dari penjual kenari bersertifikat atau terpercaya.


Tips Perawatan Kenari Merah
Ketika budidaya atau ternak kenari merah, tentu yang menjadi terget para peternak adalah menghasilkan warna merah yang benar-benar merah dan sehat. Memang segala yang dari alam pasti disediakan oleh alam. Untuk mendapatkan warna merah pada kenari merah super seperti red intensif bisa menggunakan pakan khusus kenari merah alami yang mengandung banyak beta carotene sebagai zat perangsang pigmen warna merah pada bulu kenari. Selain menggunakan cara perawatan intensif kenari pada umumnya, penambahan pakan yang mengandung beta carotene seperti pada buah dan sayuran yang berpigmen merah seperti pada berry, cabe, paprika merah, cherry, tomat, labu, ubi-ubian, wortel, dan brokoli. Buah dan sayuran tersebut dapat dicincang atau diparut langsung untuk dicampurkan pada pakan kenari, atau dengan cara dikeringkan terlebih dahulu untuk selanjutnya dicampurkan. 
Selain menggunakan pakan alami yang kaya akan beta carotene, bisa juga dengan mencampurnya dengan canthaxanthin yang merupakan zat pewarna yang biasanya digunakan untuk makanan. Di Inggris penggunaan canthaxanthin memang bisa dicampurkan untuk pakan ternak unggas. Tetapi bagaimanapun juga sumber beta carotene alami jauh lebih baik bagi kesehatan kenari merah. Untuk pengaplikasian canthaxanthin dapat dilakukan dengan mencampurkan dengan pakan atau minuman kenari terutama berikan saat perawatan kenari yang sedang mabung. Sementara untuk pakan alami juga diberikan saat kenari mabung, bahkan harus terus berlanjut setelah kenari selesai mabung agar warna merahnya dapat terus dipertahankan. 

Demikian sedikit informasi dari tim usahaternak mengenai tips memilih kenari merah asli dan cara perawatannya agar mendapatkan kenari merah idaman sobat ternak. Tetap waspada dan teliti dalam membeli kenari merah, karena modus jual beli kenari merah juga bermacam-macam semata-mata untuk mendapatkan keuntungan sesaat tanpa peduli kepuasan pembeli dan peternak kenari. Semoga tips dari kami bermanfaat, selamat berternak!   

Facebook
0 Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berikan komentar ya gan..