er

Minggu, 11 Mei 2014

Cara Merawat Burung Kenari


Walopun ane bukan ahlinya, tp ane cuma pengen berbagi aja cara perawatan burung kenari, mungkin bisa berguna untuk sesama pemula peternak kenari, hehe..

Hal terpenting dalam memelihara burung kenari adalah menjaga kebersihan kandang dan memelihara asupan makanannya. Usahakan untuk membersihkan kandang burung kenari setiap hari karena kebersihan kandang akan sangat berpengaruh terhadap kenyamanan burung kenari. Jangan lupa memberikan makanan "wajib" setiap hari dari jenis buah-buahan dan sayuran seperti apel, selada, dan sawi.

Saat membersihkan kandang, jangan lupa juga gantilah wadah makanan dan minuman burung kenari anda setiap hari karena bila tidak, itu akan menjadi sumber penyakit bagi burung kenari anda. Untuk minumnya, usahakan anda memberikan minuman dari air yang higienis, misalnya air mineral.

Nah, itulah tips merawat burung kenari dari segi pemeliharaan, selanjutnya bagaimana cara merawat dan melatih burung kenari agar bersuara gacor? Berikut ini ada beberapa tips:
  • Setiap waktu senggang, cobalah kawan-kawan sandingkan burung kenari tersebut dengan kenari lain yang sudah bersuara lantang, kalau tidak ada burung kenari lainnya, kawan-kawan bisa menggunakan kaset atau CD untuk diperdengarkan para burung kenari tersebut.
  • Penting! kalau anda menggunakan burung kenari lain untuk memperdengarkan suaranya, jangan coba-coba mempertemukan mereka karena itu akan saling mempengaruhi satu sama lain. Jadi cukup diperdengarkan suaranya saja tanpa membiarkan mereka saling melihat satu sama lain. Lakukan itu setiap hari selama dua minggu, dan setelah itu cukup dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.

  • Jemurlah burung kenari anda setiap hari, ini adalah hal yang harus dilakukan setiap hari, rentang waktunya kira-kira pukul 06.00 s.d 11.00 WIB. INGAT! jangan terlalu banyak memberikan makan dan minum pada kenari anda selama ia berjemur karena akan berpengaruh pada suaranya.
  • Saat menjemur, lakukan ditempat yang luas atau kandang yang cukup lebar agar burung kenari anda bebas bergerak.
  • Setelah selesai dijemur, lakukan pendinginan, jauhkan burung kenari anda dari sinar matahari. Tunggulah sampai burung kenari anda tidak ngos-ngosan, lalu beri makanan yang cukup dan bergizi seperti apel merah dan pisang. Jangan memberi makan sambil minum, biarkan kenari anda makan dulu, selesai makan baru anda kasih minum dan usahakan air minumnya yang sudah dimasak.
  • Untuk menghasilkan atau memancing agar suara kenari anda lebih baik lagi, anda bisa menambahkan vitamin pada minumannya, kawan-kawan bisa mencari vitaminnya di toko-toko burung seperti Super Kicau dan Vitasol.
  • Berikanlah fasilitas senyaman mungkin pada burung kenari anda, setelah selesai dijemur, diberi makan dan minum, istirahatkanlah burung kenari anda. Supaya terlindung dari gangguan dunia lain, eh.. dunia luar, berilah penutup kurung atau istilah para penyuka burung "dikerodong".
Facebook
0 Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berikan komentar ya gan..