er

Selasa, 13 Mei 2014

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina


Gan.. untuk semua peternak maupun pecinta kenari, kadang yg udah master pun masih kebingungan membedakan kenari jantan dan betina. Ini ane pengen berbagi aja, bukannya sok tau cara membedakan kenari jantan dan betina. Cuma aja buat yg baru bergelut di bidang beternak kenari mungkin masih bingung untuk membedakan kenari jantan dan betina, karena untuk membedakan kenari jantan dan betina emang gampang-gampang susah seeeh.. hehe..

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Betina

  • Untuk membedakan jenis kelamin burung kenari, kita sudah dapat melihatnya saat burung berusia 3 hari atau lebih. Cirinya adalah pembuluh vena di bagian sebelah perut turun menuju dubur. Maka hampir dipastikan burung kenari ini adalah kenari jantan. Karena pembuluh vena tersebut tidak akan tampak pada burung kenari betina. Sebaiknya hal ini segera dilakukan sebelum kenari jantan tersebut tumbuh bulu.
  • Selanjutnya, untuk membedakan kenari jantan dan betina, kita bisa mencari anakan burung kenari yang mampu melompat paling jauh dari yang lainnya, karena jenis kenari jantan lah yang dapat melakukan hal ini. Caranya yaitu dengan menaruh burung kenari tersebut pada handuk dan kita sejajarkan seperti posisi kuda pacu yang ada pada jalur pacuan. Setelah burung kenari melakukan lompatan, bisa kita bedakan mana yang paling jauh dan pendek lompatannya.
  • Cara berikutnya yaitu dengan melihat pusat paling bawah kaki. Pusat kaki yang paling panjang ada 3 telapak kaki yang memiliki panjang yang sama. Kenari jantan memiliki pusat kaki yang panjang dan sulit untuk bergabung dengan kaki yang lain. Sedangkan kenari betina kakinya mudah untuk bergabung, karena ketiga telapak kaki kenari betina memiliki ukuran yang sama panjang.
  • Dari segi badan kenari, kita juga bisa membedakan kenari jantan dan betina. Tepatnya di bagian tulang belakang burung kenari. Kenari jantan di sepanjang tulang belakangnya ada warna yang lebih tegas dan pekat. Sedangkan pada kenari betina, ada warna tegas namun tidak sampai sepanjang tulang belakangnya.
  • Kenari juga dapat dibedakan dengan melihat bentuk kepala kenari sebelum tumbuh bulu. Bentuk kepala kenari jantan terlihat lebih datar dan pipih, sedangkan kepala kenari betina lebih bulat. Saat memasuki usia 6 atau 7 hari, anak anak kenari akan mulai membuka mata. Kenari jantan saat membuka mata, maka mata tersebut akan sejajar dengan paruhnya. Untuk kenari betina, letak mata tidak sejajar atau diatas paruh. Hal inilah yang membuat kepalanya terlihat lebih bundar.

Jenis kelamin kenari juga dapat dibedakan dengan memperhatikan duburnya. Silahkan lihat gambar di bawah ini.



Facebook
0 Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berikan komentar ya gan..