er

Jumat, 26 Oktober 2012

Kehebatan-kehebatan Jepang



  • Jepang sekarang adalah economic superpowerkedua setelah Amerika. Namun, Amerika adalah negara yang sangat luas, berpenduduk 300 juta jiwa,dengan kekayaan alam yang berlimpah.Sedangkan, Jepang lebih kecil dan nyaristidak memiliki sumber alam yang berarti.
  • Pada 1945, akhir Perang Dunia II, Jepang benar-benar hancur dibombardir ratusan pesawat pengebom Amerika. Pada 1980-an, justru industri-industri utama Amerika nyaris hancur diserbu produk-produk Jepang yang lebih murah tetapi lebih bermutu.Jepang melakukannya dengan senjata system manajemen kualitas yang justru didapat dari orang Amerika.
  • Pekerja Jepang sekarang dilihat sebagai pekerja yang paling cerdas, berdisiplin, dan memiliki kemampuan untuk bekerja keras paling tinggi di dunia. Akan tetapi, ini tidak terlalu istimewa dibandingkan kerasnya perjuangan dan disiplin yang telah dijalani olehanak-anak kecil di Jepang, bahkan sejak masih sekolah dasar.
  • Jepang bangkit pada era Restorasi Meiji. Dalam waktu 30 tahun,mereaka telah menguasai pasar tekstil duniaserta secara militer mampu mengalahkan armada Rusia pada 1905 yang dianggap sebagai salah satu kekuatan terbesar di Eropa.
  • Pada saat diangkat, Kaisar Meiji baru berusia 15 tahun. Pemerintahan efektif dijalankan oleh para pembantunya dari klan Choshu dan Satsuma, sekumpulan samurai muda yang kebanyakan baru berusia 30-an tahun. Mereka adalah pemimpin-pemimpin yang cerdas dan berani.
Facebook
0 Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berikan komentar ya gan..