er

Senin, 21 Oktober 2013

Cara Memasang Komentar Facebook Berdampingan dengan Komentar Blog


AgoPoenya - Hai Sobat Blogger,.. Beberapa waktu yang lalu saya nemuin artikel yang cukup bagus dan saya sempat menerapkannya di Blog saya. Artikel tersebut tentang Cara Membuat Komentar Facebook Berdampingan dengan Komentar Blog. Saya mendapatkannya dari Blognya mas Fandra Juani. Kalo sebelumnya saya pernah nulis tentang Cara Memasang Komentar Facebook di Blog atau pun Cara Memasang Komentar Facebook "Hide and Seek", maka kali beda dari sebelumnya. Yang jelas tampilannya bakalan jadi kayak gabar di atas lah ntar. Penasaran? Lets cekidot!!

Step 1: Buatlah Aplikasi Facebook dari "Facebook Developer". Kalo kamu udah punya silahkan buka aja, tapi kalo kamu belum punya silahkan buka di sini.

Step 2: Kalo udah punya atau udah jadi Aplikasi Facebook-nya, silahkan catat App ID/API Key Facebook kamu seperti gambar di bawah ini.


Step 3: Kalo udah, silahkan Log in ke akun Blog kamu, dan edit HTML.
Step 4: Cari kode ]]></b:skin> dan copy-paste kode di bawah ini tepat di atas kode ]]></b:skin>.

Step 5: Lalu cari kode <head> lalu letakkan kode berikut di bawah kode  <head>.

Keterangan:

  • Ganti ago.part2 dengan ID Profil FB kamu.
  • Ganti 673469906018013 dengan App ID FB kamu.
Step 6: Lalu cari kode </head> dan letakkan kode berikut di atasnya.

Step 7: Lalu cari kode <div class='comments' id='comments'> dan letakkan kode berikut di bawahnya. Ada 2 kode yang sama dengan <div class='comments' id='comments'>, pasang kedua-duanya. 


Keterangan:

  • num_posts='10' adalah jumlah komentar. Angka 10 bisa kamu ganti sesukamu.
  • width='auto' adalah lebar kotak komentar. Tulisan auto bisa kamu edit dengan angka 400, 500 atau sesukamu.
  • height='400' adalah tinggi kotak komentar. Angka 400 bisa kamu ganti sesukamu.
Step 8: SAVE


Sekarang kotak komentar sudah ada di blog kamu. Jika ada pesan warning http/alamat-blog-kamu.blogspot.com unreachable, itu tandanya blog belum terhubung dengan facebook dengan baik. Cara menghilangkannya, Ikuti langkah dibawah ini.


Menghilangkan Tulisan warning http/alamat-blog-kamu.blogspot unreachable.

1. Edit HTML dan cari kode <html dan tambahkan kode ini disamping <html.

2. Contoh
<html xmlns:fb='http://ogp.me/ns/fb#' expr:dir='data:blog…………..2005/gml/expr' >

3. SAVE


Tulisan warning unreachable tidak muncul lagi di kotak komentar facebook. Biasanya untuk entri baru yang dipublikasikan, tulisan tersebut akan kembali muncul, untuk menghilangkannya, klik tulisan warning unreachable itu dan masuk dengan akun facebook kamu, selanjutnya reload halaman artikel yang baru di publikasikan tadi. Maka tulisan warning unreachable akan hilang.

Sekarang coba lihat di bagian laman blog kamu. Jika lambang blogger dan facebook tab terlihat juga di laman bawah header, untuk menghilangkannya:

  1. Tambahkan kode <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'> di atas kode <div class='comments' id='comments'>
  2. Dan tambahkan kode </b:if> diatas <div class='comments-page' id='fb-comments-page'>
  3. Masing-masing ada 2 kode yang sama, masukan kedua-duanya.

Satu kekurangan dari komentar facebook ini. Tidak adanya notification jika ada yang berkomentar. Maka untuk melihat komentar facebook yang masuk ke blog kita. Kita harus melihatnya secara manual, dengan cara membuka salah satu artikel dan mengklik pada bagian Moderat View, lalu klik pada pengaturan Moderate application comments, maka akan terbuka halaman baru dari facebook, dan akan terlihat pesan-pesan yang masuk ke blog kita.


Selesai sudah cara membuat facebook di blog, yang letaknya bersebelahan dengan kotak komentar blog. Jika kamu melalukan cara diatas dengan teliti, Insyaallah bisa. Selamat mencoba gan.. ^__^
Facebook
0 Blogger

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa berikan komentar ya gan..